Minggu, 09 Juni 2013

I. PENDAHULUAN

1.1 Sejarah Tembakau
       Tembakau (tobacco) adalah sejenis tanaman herbal. Tanaman ini berasal dari Amerika Utara dan Amerika Selatan. Sejarah Tembakau penuh dengan intrik dan nuasa mitos, pada mulanya digunakan oleh orang - orang asli Amerika untuk digunakan sebagai media perobatan. Sejarah mereka pada masa itu banyak dikaitkan dengan tanaman tembakau. Ajaran - ajaran kepercayaan mereka juga ada kaitannya dengan tumbuhan tembakau, dimana pada waktu itu asap tembakau dipercaya dapat memberi perlindungan dari mahluk halus yang sangat jahat dan begitu juga sebaliknya memudahkan mereka mendekati mahluk halus yang baik.

       Cristoper ColumbusPada waktu itu melintasi laut Atlantik untuk pertama kalinya pada tahun 1942, orang - orang asli Amerika yang telah bermukim di New World telah memberi hadiah daun Tembakau dan seabad setelah itu, merokok telah menjadi trend social, dan selanjutnya telah memberikan manfaat kepada masyarakat dengan pertumbuhan ekonomi kepada para pengusaha di Amerika Serikat.
Tanaman Tembakau ialah hasil pertanian yang telah melalui proses dari daun tumbuh - tumbuhan genus nicotiana yang sangat segar. Tembakau bisa didapat secara komersil dalam bentuk hasil panen, berupa basah atau kering maupun yang sudah di simpan atau melalui proses diawetkan. Dan sering di hisap ( seperti merokok ) dalam bentuk cerutu, rokok, dengan pipa, tingwe (lintingan sendiri/digulung dengan alat cetak/tangan), tembakau juga bisa dikunyah,"dicelup"(diletakkan antara pipi dan gusi), dan dikulum, atau di hirup kedalam hidung sebagai bahan hisapan dalam bentuk serbuk halus. Tembakau mengandung zat alkoloid nikotin.


1.2 Tujuan 
  •  Melatih berwirausaha  
  •   Menerapkan keterampilan di bidang budidaya tanaman tembakau
  • Menghasilkan bahan baku pembuatan rokok 
  • Memperbaiki kualitas tembakau di masa kuno
  • Mendapatkan keuntungan di bidang manajemen 
1.3 Potensi Dasar
        Tembakau merupakan bahan utama dari rokok. Rokok yang dikonsumsi  oleh siapapun, di manapun dan kapanpun, akan membuat tembakau dicari-cari oleh produsen, begitu pula konsumen yang sudah kecanduan rokok, sehingga konsumen akan segera mencari rokok untuk segera dapat memenuhi kebutuhannya. Konsumen rokok dapat dijumpai mulai dari kalangan ekonomi menengah ke bawah sampai menengah ke atas.Teknik penjualan tembakau yang berupa lembaran daun dapat dijual dipengepul atau diborong, sedangkan yang berupa tembakau yang sudah jadi siap dijadikan bahan baku) dapat disetorkan di produsen rokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar